Gili Lawa Darat
Gili Lawa Darat

Pulau Komodo dan kepulauan yang ada di sekitarnya merupakan destinasi impian bagi para traveler yang ada di Indonesia. Sebab, keindahan alam serta keunikan tiap pulaunya, membuat siapapun akan jatuh cinta tiap melihatnya.

Dan untuk berwisata ke Pulau Komodo, dibutuhkan, niat serta keberanian besar. Karena untuk bisa ke sana membutuhkan dana yang tak sedikit. Sebut saja untuk tiket pesawat, seperti saya yang dari Lampung, butuh tiga kali ganti pesawat untuk tiba di Labuha Bajo, sebelum kemudian menuju Pulau Komodo dan sekitarnya. Lalu dana juga dibutuhkan untuk mengikuti paket sailing menikmati pulau-pulau sambil berlayar di lautan. Tentu ini membutuhkan biaya tak murah.

Kapal Be Borneo Tour (Foto by: Om Dunia Indra)
Kapal Be Borneo Tour (Foto by: Om Dunia Indra)
Suasana Kapal Be Borneo Tour (Foto by: Om Dunia Indra)
Suasana Kapal Be Borneo Tour (Foto by: Om Dunia Indra)
Makan siang di Kapal Be Borneo Tour

Salah satu kiat saya untuk mengatasi hal itu adalah berburu tiket promo dari berbagai maskapai penerbangan. Biasanya tiket ini bisa didapatkan jauh-jauh hari, sebelum mendekati waktu keberangkatan. Dalam perjalanan saya kemarin, saya mendapatkan tiket promo Air Asia Jakarta – Bali PP Rp 600.000,-  , Bali –  Labuan Bajo Rp. 529.000,- dan Labuan Bajo – Bali Rp.529.000,- (total harga tiket Rp 1.658.000- ini harga paling hemat yang bisa saya dapatkan).

Pemandangan disaat berlayar di Pulau Komodo
Pemandangan disaat berlayar di Pulau Komodo

Kemudian, setelah mendapatkan tiket, langsung menyusun itinerary agar bisa hidup ngirit selama lima hari di sana. Adapun itinerary saya dalam perjalanan pertengahan November kemarin adalah sebagai berikut:

Meeting Point Bandara atau Hotel Labuan Bajo

Day 1: Labuan Bajo

Saya sampai di Labuan Bajo pukul 15.00 wita dan check in di Hotel Siola sebelum besok paginya Sailing Komodo bersama Om Dunia Indra, Astari (Raisa KW) dan Be Borneo Tour.

Day 2: Pulau Kelor – Pulau Rinca – Pulau Padar

Bertemu di meeting point jam 10.00 wita dan perjalanan dimulai menuju Pulau Kelor (snorkeling) dan menikmati view dari puncak bukit Pulau Kelor, dilanjutkan menuju Pulau Rinca untuk bertemu Komodo, serta tracking sesuai dengan pilihan rute. Setelah Pulau Rinca perjalanan dilanjutkan menuju Pulau Padar untuk bermalam dan besok paginya tracking ke puncak Pulau Padar melihat pemandangan khas perbukitan ala Jurasik Park.

Day 3: Pulau Padar – Pink Beach – Manta Point – Taka Makasar – Gili Lawa

Setelah bermalam di Pulau Padar melanjutkan perjalanan menuju ke Pulau Komodo untuk bersnorkeling ria di Pink Beach. Singgah di Manta Point untuk bertemu dengan pari manta yang besar, jangan lupa bawa keberuntungan anda karena mereka tidak pasti ada dan ke Taka Makassar, foto-foto di pulau pasir kecil di tengah laut. Perjalanan panjang dilanjutkan menuju Gili Lawa. Kalau masih ada waktu bisa langsung trecking untuk menikmari sunset. Makan malam dan istirahat di Gili Lawa

Day 4: Gili Lawa – Pulau Kanawa – Pulau Bidadari – Labuan Bajo

Setelah tracking ke Gili Lawa, lalu sarapan langsung menuju Pulau Kanawa untuk snorkeling dan menikmati keindahan pulau yang memiliki satu resort ini. Setelah puas bermain air dan foto-foto di Pulau Kanawa dan dilanjutkan ke Pulau Bidadari. Pulau ini masih sepi pengunjung dan kita bisa menikmati pasir putih dan snorkling. Setelah dari Pulau Bidadari kita siap untuk kembali ke Labuan Bajo.

Pulau Rinca, Komodo
Pulau Rinca, Komodo
Pulau Padar
Pulau Padar
Pulau Kanawa
Pulau Kanawa
Pulau Bidadari
Pulau Bidadari
Gili Lawa Darat
Gili Lawa Darat

Adapun sebagai catatan, jadwal ini bersifat kondisional dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung keadaan saat di lapangan.

Harga:

1. Kamar Fan/Kipas angin: Rp. 1.950.000 per orang.
2. Kamar AC: Rp. 2.400.000 per orang.

Kapal Live on Board selama 3 hari Makan selama perjalanan di kapal air mineral, teh dan kopi, guide, life jacket, dokumentasi, alat snorkeling (masker dan sorkel) P3K standar, tiket masuk tempat wisata, hingga  penjemputan di hotel atau bandara.

Biaya tersebut tidak termasuk: Tipping atau Pengeluaran pribadi selama di Labuan Bajo.

Foto bersama Team Be Borneo Tour
Foto bersama Team Be Borneo Tour
Terima kasih Be Borneo Tour
Terima kasih Be Borneo Tour

Info lebih lanjut bisa hubungin:
Email ke: info@beborneotour.com
WA/SMS ke 0856 5120 2195

PS: Tulisan ini adalah Menang GIVEAWAY ayopelesiran.com dan beborneotour.com

Share

38 comments

  1. Kece Bangeeedddd!!!!…, Meski udah ke Labuan Bajo…dan meski impian ke Labuan Bajo terwujud, saya tetep pengen ke sana lagi, oneday…pengen menantang diri tracking ke puncak Padar dan Gili Lawa. Tapi gak pengen Pink Beach PP cuma gegera ketinggalan HP si Raisa cantik manis itu wkwkwkwkwk…Btw Be Borneo emang kece banged atur perjalanan Live on Board selama sailing itu aduuhhh makanananya masih terkenang lezat dan ciamik dah!! apalagi Tarsi dan ams Indra yang sangat menghibur banged ehehheh…. salam Chebooxxx!!!

    1. Ikut ya bang, barengan kita. Kayaknya kemanapun jalan, kalo sama bang Indra mesti seru. Minimal lemak berguncang dan gigi kering *ada gak ya lip balm khusus gigi. Tooth balm? hahaha.

      Ah senengnya baca perjalanan Fajrin ini. Mestinya aku ikutan itu 😦 semoga kelak dapat jalan ke sana amiiin.

  2. Yeaay! Pilihan tepat ke deh sailing trip di Pulau Komodo bareng Beborneotour. Sayang banget sik kemarin kenapa gak reramean bareng aja sik yaa ke sananyaaa. Pasti lebih seruu deh!
    Eh, btw, ternyata aku jiper juga ketemu si komod itu wkwk

    1. Ya pilihan tepat banget dah ngetrip bersama Beborneotour. Iya juga ya, kenapa gak ramaean. Kalau ramean pasti seru banget. Aduh aku apa lagi Rani ketemu komodo pas dia bangun. hehehe

  3. Yaaa ampuuun cakeeep yaaaah.. saya mauuuh! Bookmark postingan iniiii buat referensi nanti.. kalau ditambah diving kira-kira berapaaa yah :). Can’t wait can’t wait :). Terus kalau endorsement ditulis in my blog and my medsos account ngg yaaa hahahaha

  4. Kereen banget pulau-pulaunya … amazing view !
    Pantes ya jadi incaran traveller lokal dan mancanegara.

    Akomodasinya yang menurutku kemahalan.
    Masa kamar fasilitas fan pasang harga semalam perorangnya segitu ?.
    Cepet kaya ya yang punya penginapan … hahaha

    1. Labuan Bajo adalah Destinasi 10 Bali. Makanya jadi incaran para traveler lokal dan mancanegara.

      Kalau menurutku tidak mahal kok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *