Berpose Hot dulu di Sungai Batu Rinding

Berawal dari melihat postingan Mas Teguh di Instagram rasa penasaran itu akhirnya terbayar juga untuk berkunjung ke Sungai Batu Rinding. 😀

Nih dia Sungai Batu Rinding

Setelah pulang dari Kiluan tanggal 1 Januari 2017 kemarin saya bersama teman-teman @LemesTraveler memutuskan untuk berkunjung ke Sungai Batu Rinding yang berada di Dusun Kecapi, Desa Padang Cermin, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran – Provinsi Lampung.
Perjalanan yang dilakukan membutuhkan waktu sekitar 1 jam setengah dari Kiluan menuju daerah Padang Cermin. Lalu sebelum polsek, ada di sebelah kiri jalan plang Yayasan Nurul Islam. Ikuti jalan aspal lurus saja. Tak lama bertemu pertigaan dan belok kanan. Lalu bertemu jembatan gantung yang lumayan aduhai dan jalan berbatu menanjak yang lumayan bikin ngos-ngosan. Sesampai di depan warung berwarna hijau, titip motor di tempat yang ada.

Barulah dilanjutkan dengan menyelusurin jalan setapak, sekitar 10 menit menerabas ilalang dan kebun. Kita bisa langsung turun ke sungai berair hijau yang sejuk banget airnya.
Saya pun tak menyia-nyiakan untuk mandi di sini. Padahal saya awalnya tidak ingin mandi, tapi apa daya airnya begitu menggoda. Akhirnya saya jebuuur. Bahkan kami juga sempat lompat dari atas tebing. Tapi ingat ini hanya buat yang bisa berenang dan andrenalinnya berani ya. 
Buat yang biasa-biasa aja, duduk di batu di bawah guyuran air saja dah cukup menyenangkan serta mengasyikkan. Katanya ada yang nyebut mirip Green Canyon tapi ini versi mininya deh karena tebing sungainya nggak begitu panjang.

Sungai Batu Riding/Rinding di Dusun Kecapi, Desa Padang Cermin, Kecamatan Padang Cermin, Pesawaran, Lampung ini. Selain airnya sejuk dan menyegarkan, di Green Canyon mini ala Lampung ini, airnya juga bersih dan sepi banget. Berasa kolam milik sendiri.

Ditambah lagi di dekat ini ada sumber air panas lho. Hayo yang sudah ke sini nemu nggak sumber air panasnya? Serukan habis basah-basahan dingin bisa rendam dikit pakai air panas. Tapi jaga perilaku ya, kan biasanya di tempat pertemuan antara air panas dan dingin ada.

Eh iya tempat ini sebenarnya sudah dikenal sejak lama. Bahkan dua tahun lalu, banyak warga yang berwisata ke sini. Tapi akibat banjir bandang beberapa waktu lalu, Batu Riding mulai sepi dikunjungi. Bahkan jalan setapaknya saja sudah dipenuhi ilalang. Kemarin juga sempat ngobrol dengan pemuda setempat untuk dikelola lagi dan jadi masukan buat desa.

Contohnya untuk parkir saja. Disaat mau bayar parkir, bapak dari suami ibu penjaga warung itu bilang kepada kami seikhlasnya saja mas dan kami pun patungan untuk bayar biaya parkir tersebut. Buat yang berkunjung jangan lupa jajan di warung si ibu yang baik hati itu ya.
Lokasi Sungai Batu Riding/Rinding, Dusun Kecapi, Desa Padang Cermin, Kecamatan Padang Cermin, Kab.Pesawaran – Prov.Lampung.

Rute: bisa juga dari Kota Bandar Lampung – Padang Cermin menempuh jarak sekitar 2 jam

Share

25 comments

      1. Nanya dong, yg turunan mau ke pasar bawang yg jalannya bebatu gede apa sdh dicor jg ya? Apa klo mobil sedan aman ke sana? Tq.

    1. Hehehe.. mantap lg klo dah ngejebur mas dsini. Ya mas, harus mblusukan dan jalan setapak.. nah itu dia harus djaga yg begitu. Jangan sampai drusak sama orang” yg tidak bertanggung jawab. Ah aku juga dah lama gak mandi di sungai dan baru kemarin pas pulang dari kiluan.. ?

  1. itu emang debit airnya segitu ya? apa bisa lebih banyak lagi? btw jalannya memang nggak mudah, biasanya tempat2 yang indah emang gitu sih, berdasar pengalamanku. Oh jadi ini yang barengan dedek2 gemes tho? hehehe

  2. Ulalala… view air yang ditutupi berbatuan emang keren. Rute yang ditempuh untuk menuju kesana memang gak gampang ya. Tapi terbayar sewaktu sudah sampai sana..

    Duh itu fotonyaaaa seksi :)))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *