Pulau Tidung (foto by: wisatapulautidung.com)
Pulau Tidung (foto by: wisatapulautidung.com)

Berwisata merupakan salah satu pilihan yang sering kali direncanakan oleh sebagian besar masyarakat untuk mengisi waktu luang. Dengan berwisata tentu saja nantinya akan mendapatkan pengalaman yang tidak bisa dilupakan dan juga membuat pikiran serta fisik menjadi lebih fresh. Sekarang ini juga sudah banyak sekali tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi, salah satunya adalah di Kepulauan Seribu yakni Pulau Tidung.

Destinasi yang ada di Kepulauan Seribu tersebut adalah Pulau Tidung, bahkan menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Jaraknya yang tidak begitu jauh karena sudah bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 2-3 jam perjalanan dengan kapal laut dari Dermaga Muara Angke atau dari Dermaga Marina Ancol.

Maps (foto by: pulauseribu-resort.com)
Maps (foto by: pulauseribu-resort.com)

Pulau Tidung adalah salah satu kelurahan di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta yang terbagi atas dua bagian yaitu pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Kedua pulau ini dihubungkan oleh sebuah jembatan yang juga menjadi salah satu icon pulau tidung yaitu Jembatan Cinta.

Tempat yang tidak boleh dilewatkan saat liburan di Pulau Tidung

1. Bersepeda Keliling Pulau

Bersepeda di Pulau Tidung (foto by: wisatapulautidung.com)
Bersepeda di Pulau Tidung (foto by: wisatapulautidung.com)

Jika kamu gemar bersepeda, menyusuri bibir pantai dengan bersepeda di jalan setapak yang dihiasi pasir putih yang lembut adalah pengalaman tersendiri. Karena tidak ada mobil di pulau ini maka salah satu cara yang paling asik untuk menikmati keindahan pulau tidung adalah bersepeda keliling pulau. Dengan bersepeda tentunya kita dapat menikmati keindahan pantai di pulau tidung dan pastinya jangan lupa untuk bertegursapa dengan warga sekitar. Kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 15.000 untuk menyewa satu sepeda.

2. Jembatan Cinta dan Mitos Percintaannya

Jembatan Cinta (foto by: id.wikipedia.org)
Jembatan Cinta (foto by: id.wikipedia.org)

Jembatan cinta ini telah menjadi icon Pulau Tidung yang tersohor dan jadi spot wajib untuk foto saat berkunjung ke Pulau Tidung.

Jembatan cinta ini merupakan jembatan penghubung pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Kebanyakan wisatawan yang datang kesini ingin mencoba melompat dari puncak jembatan ke dalam air dan konon di sini ada mistos yaitu; Konon katanya, menyeberangi jembatan cinta ini dapat membuat pasangan langgeng, dan kalau melompat dari atas jembatan cinta Pulau Tidung dipercaya bisa mendapatkan jodoh.

Dan di bagian ujung jembatan, kamu akan disambut oleh kawasan budidaya mangrove dengan pemandangan yang sangat indah.

3. Snorkeling dan Diving di Pulau Tidung

snorkling pulau tidung (foto by: travelwisataindonesia.com)
snorkling pulau tidung (foto by: travelwisataindonesia.com)

Tak lengkap rasanya jika main ke sebuah Pulau tak mencoba wisata airnya, seperti snorkeling dan diving. Keindahan panorama dan terumbu karangnya tentu akan memberikan kesan yang menarik bagi para pengunjung. Biasanya para wisatawan tak ingin melewatkan moment seperti ini, bisa berselfie ria dengan ikan nemo, atau dapat menikmati langsung pesona terumbu karang yang terdapat di Pulau Tidung.

Untuk melengkapi peralatan menyelam dan snorkeling, di Pulau Tidung ini juga terdapat penyewaan tabung dan baju menyelam sekitar Rp 300.000 sementara alat snorkeling sekitar Rp 35.000/ orang. Harga tersebut belum termasuk sewa perahu seharga sekitar Rp 300.000 dengan kapasitas 10 orang. Jika kamu datang dalam rombongan tentu harga sewa kapal jadi terasa lebih murah untuk per orangnya. Bermain Banana Boat hanya Rp 30.000 per orang.

Bermain Banana Boat (foto by: travelwisatapulausewribu.com)
Bermain Banana Boat (foto by: travelwisatapulausewribu.com)

Sudah pada tahu kan apa saja yang menarik dan yang bisa kalian nikmati ketika piknik ke Pulau Tidung, selanjutnya mari kita siapkan rencana liburannya..

Transportasi dan Penginapan

Untuk kalian yang berada di luar kota jakarta seperti saya, maka pemilihan moda transportasi yang cocok bisa dengan kapal laut maupun dengan menggunakan pesawat, karena kebetulan saya tinggal di Kota Bandar Lampung maka saya menggunakan pesawat agar bisa menghemat waktu perjalanan, lagi pula selisih harga tiket pesawat Lampung ke Jakarta dengan menggunakan kapal laut tidak begitu jauh, keuntungan lainnya adalah kita tidak terlalu capek dalam perjalanan, kan rencananya kita mau liburan, jadi harus enjoy dong. 😉

Nah pengalaman saya, paling merepotkan jika harus melakukan pembelian secara terpisah antara tiket pesawat dan homestay atau penginapan. Tak sengaja saya hunting tiket di situs traveloka, ternyata traveloka juga telah membuka menu yaitu paket wisata traveloka di mana para pelanggan setianya diberikan kemudahan dapat memesan secara paket atau sekaligus tiket dan hotel, seperti yang saya lakukan di bawah ini.

Di Halaman awal bisa langsung pilih menu Flight + Hotel

Pesan tiket Pesawat + Hotel di traveloka.com
Pesan tiket + Hotel di traveloka.com

Salah satu benefit yang saya rasakan dengan memesan tiket secara paket seperti ini adalah mudah dan pastinya saving time dong kita hanya butuh beberapa menit saja untuk mengeksekusi pilihan tersebut, apalagi sekarang sudah sangat mudah dengan adanya bantuan Smartphone. Install aja aplikasi traveloka di HP mu kemudian pilih paket flight dan hotel nya, setelah itu tinggal transfer saja, dan ternyata setelah mau bayar, harganya pun lebih murah dibandingkan dengan memesan tiket & hotel secara terpisah, bahkan hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun. (Sisa uangnya kan bisa untuk wisata kuliner, beli oleh-oleh, dan ditabung)

Cara pembayarannya pun sangat mudah karena bisa di transfer via mobile bangking, internet bangking (lagi-lagi hanya melalui smartphone kamu dapat melakukan pembayaran dengan mudah) di samping itu masih terdapat juga pilihan pembayaran lainnya, tentunya untuk mempermudah pelanggan setia traveloka.

Nah ayo tunggu apa lagi, rencanakan liburanmu dan dapatkan paket murah tiket dan hotel di traveloka.com, pastinya waktu dan uangmu bisa dialihkan ke yang lainnya dong.

Harga, Jadwal Penyebrangan Dari Dermaga Muara Angke dan Dermaga Marina Ancol

1. Kapal Tradisonal
Lama perjalanan 2,5 – 3 jam
Berangkat dari Muara Angke pukul 07.30 wib
Khusus hari libur dari Tidung tersedia juga kapal pukul 13.00 wib (Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu)

2. Predator (Speedboat)
Lama perjalanan kurang lebih 1 jam
Berangkat dari Ancol pukul 08.00 wib
Kembali dari Tidung Pukul 15.00 wib
(untuk one day trip harga tiket @450.000, berangkat jam 8 pagi pulang jam 3 sore)

3. Citra Jet (Speedboat)
Lama perjalanan kurang lebih 1 jam Berangkat dari Muara Angke pukul 08.00 wib
Kembali dari Tidung Pukul 13.00 wib (Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu)
Untuk hari biasa harus dengan konfirmasi.

Tempat Makan, Atm, sinyal Internet, dan lain-lain

Untuk tempat makan tidak perlu khawatir dan takut kelaparan. Di pulau tidung ini banyak warung-warung yang menyediakan tempat makan bagi mereka yang tidak membawa bekal dari rumah, deretan warung makan akan banyak kamu jumpai dan siap memanjakan perut para pecinta kuliner bahari. Harganya pun terbilang sangat murah jadi jika tidak ingin repot membawa makanan dari rumah sebaiknya beli makan di sana aja, itung-itung kita juga memberikan sumbangsi kita kepada warga sekitar dengan membeli jajanan mereka

Yang jadi sedikit masalah adalah belum adanya Atm di pulau ini sehingga kamu harus membawa uang tunai dalam jumlah banyak, apalagi jika kamu sekeluarga. Untuk akses internet di pulau ini sangat bagus untuk provider tertentu, artinya kita bisa live post di sosial media. 😀

Nah itu dia beberapa poin yang harus kamu perhatikan sebelum berwisata ke Pulau Tidung. Selamat berliburan ya.. 😉

 

Share

4 comments

  1. aku sukaaaa pulau Tidung. Kita sempet rame-rame ke sini dan main sepeda plus berenang dan snorkeling. Tapi ikannya ngga sebanyak yang aku bayangkan dan karang juga sudah banyak rusak ya. But lautnya lumayan bersih 🙂

  2. Terakhir ke Pulau Tidung sekitar 4 tahun yang lalu. Kelihatannya sekarang semakin indah ya karena dirawat dan dijaga. Semoga dalam waktu dekat bisa kembali ke sini

  3. Pulau Tidung memang jadi destinasi wisata laut DKI Jakarta. Dekat dan menarik. Fasilitas nya dibangun terus untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Asik kok main kesana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *