Gulai Taboh (Foto By: FajrinHerris)
Gulai Taboh (Foto By: FajrinHerris)

Sebagai orang Lampung terus terang saya malu, ketika ada teman yang berasal dari luar kota bertanya dan mengajak makan makanan khas Lampung, tapi saya tidak tahu dimana tempat makanan Khas Lampung itu sendiri!!

Nah, tenang saja sekarang di Kota Bandar Lampung kita punya sebuah Resto makanan Khas Lampung yang menyajikan Gulai Taboh yaitu, RM.Cikwo yang menjadi PELOPOR sekaligus memperkenalkan makanan Khas Lampung.

Gulai Taboh/Taboh Iwa Tapa adalah makanan Khas Pesisir Barat

Nah, Gulai Taboh itu sendiri adalah olahan dari jenis Ikan Nila yang utuh lalu di asap, atau masyarakat lebih mengenal dengan Ikan Asap.

Secara teknis, Ikan Nila diasap selama kurang lebih 24 jam, atau dengan sebutan dalam Bahasa Lampung Iwa Tapa Semalam.

Istilah Taboh (Gurih), berasal dari paduan sayuran kepayang (Kluwek) dan kuah santan sebagai campuran kuahnya.

Untuk mempercantik tampilan kuliner ini, si empu rumah makan sengaja memberikan topping berupa potongan tomat dan daun kemangi di bagian permukaannya.

Untuk ukuran ikannya, setiap porsinya sengeja dipilih minimal seberat 2 ons besarnya.

Adapun cita rasanya, identik gurih pedas dengan aroma wangi ikan asap yang menggugah selera makan.


Tidak Perlu ke Pesisir Barat Untuk Bisa Menyantap Gulai Taboh

Jadi, bagi masyarakat yang ingin menikmati kuliner dengan citarasa otentik Lampung bisa langsung mengunjungi restonya tanpa harus menunggu acara tradisional atau pulang ke kampung yang jauh.

Kamu bisa langsung bertandang ke RM Cikwo yang beroperasi setiap harinya pukul 08.00-22.00 WIB setiap harinya.

Untuk harga Gulai Taboh itu sendiri hanya kisaran Rp.20.000,- s/d Rp.25.000,-

*. Sudah ada yang pernah mencoba Gulai Taboh/Taboh Iwa Tapa?
*. Ada yang kangen makanan Khas Lampung?
*. Atau teman-teman yang ingin mau mencobai Kuliner Khas Lampung?

RM.Cikwo Makanan Khas Lampung yang beralamat di Jalan Nusa Indah 3, No 1, Pakis Kawat, Sumur Batu, Bandar Lampung.

-. Kalau dari arah Tanjung Karang setelah tempat Les English First (EF) belok kiri, sekitar 300 meter sebelah kanan jalan ada RM.Cikwo.

-. Kalau dari arah Teluk Betung setelah tingkungan lungsir belok sebelah kanan, sekitar 300 meter sebelah kanan jalan ada RM.Cikwo.


Adapun menu lain seperti jenis ikan yang disediakan, berupa pepes/ pindang baung, patin dan sate ikan tuhuk yang menjadi favorit konsumen.

Instagram@cikworesto.and.coffee

PS: Foto-foto milik @fajrinherris dan menggunakan Kamera Hp Samsung A3(6)

Share

36 comments

  1. Waktu di Lampung Aku lupa rumah makan ini. Setiap ditanya mau makan dimana aku bilang terserah saja. Coba kalau Ingatkan minta dibawa ke sini ya Jrin. Hahaha dasar sudah pikun

  2. Mengingat Lampung itu daerahnya pesisir dengan banyak teluk, pasti olahan hidangan baharinya maknyuss. Betul kan. Seumur-umur saya belum pernah makan ikan asap. Apalagi gulai ikan asap. Pengen ah makan di sini. Bisa makan banyak, soalnya ikan laut kan hidangan sehat, hoho. Harganya juga tidak mahal. Ajak-ajak atuh Mas kalau saya kebetulan jelajah di Lampung, hihi. Ngomong-ngomong kalau mau dicari, akan selalu ada kuliner khas dari suatu daerah ya. Indonesia jadi sangat kaya dengan keajaiban kulinernya.

    1. Ya mas lampung daerah pesisir.. Apa lg kalau sudah ke kabupetan yg ada di pesisir lampung bisa menikmati makanan khas sana.. Ayo mas ke Lampung, nanti aku ajak makan seruit khas Lampug itu sendiri

    1. Kalau di RM.Cikwo harus ikan nila dia mbak. Tapi klo di acara adat biasa nya ikan kali gitu.. Tapi klo mbak molly ke Lampung wajib nih ksini.. Mbak mol dengan menu kuah gulai gitu harus menyesuaikam lidah dulu ya.. hehe

  3. Ga pernah bosan sama yang namanya gulai taboh., yang pakai ikan nila, mujair, ikan blue marlin, sampe yang lobster. Memang mantab rasanya.
    Nah, kalo kangen masakan ini memang yang kepikir ya cuma RM CIkwo 🙂

  4. Ikan nila ini banyak duri nya ngak sech ??? Sebangsa ikan mas kan yaaa !!! Ini semacam kuah kuning tp pake santan yaaaa.

    Btw itu pepes ikan nya menggoda banget di makan pake nasi anget2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *