Asian Games 2018 (foto by: asiangames2018.id)
Asian Games 2018 (foto by: asiangames2018.id)

Asian Games ke-18 yang akan berlansung pada tanggal 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018. Asian Games 2018 ini akan digelar di Gelanggang Olahraga Bung Karno Jakarta dan Jakabaring Sport City Palembang. Ajang pesta olahraga ini akan diikuti oleh kurang lebih 15.000 atlet yang berasal dari 45 negara di Asia yang akan berlaga di 40 cabang olahraga.

Bagi kamu pecinta olahraga tentu tahu dong kalau bulan depan, tepatnya pada tanggal 18 Agustus – 2 September 2018, Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang olahraga multinasional Asian Games 2018. Lokasinya sendiri akan dihelat di dua kota, yakni Jakarta dan Palembang. Pada tahun 1962, Indonesia sendiri sudah pernah jadi lokasi penyelenggaraan Asian Games.

Nah, meski termasuk event favorit, tapi banyak dari kita yang cuma menaruh perhatian pada olahraga-olahraga besar saja di Asian Games, seperti sepak bola dan bulutangkis. Padahal ada kurang lebih 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan tahun ini. Bahkan mungkin ada cabang olahraga yang baru kamu tahu ada di dunia ini. Sepak bola dan bulu tangkis memang seru, tapi olahraga-olahraga ini kamu juga perlu tahu.

Mengenal Lebih Dekat 8 Cabang Olahraga Terbaru di Asian Games

Bagi kamu yang belum terlalu familiar dengan cabang olahraga yang pertama dipertandingkan pada 2018 ini, berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya:

1. Roller Sport

Foto by: (kiostix.com)
Foto by: (kiostix.com)

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, rollersport adalah cabang olahraga yang terdiri dari skateboarding dan roller skate. Olahraga ini juga tergolong dinamis, karena kebanyakan penggemarnya adalah anak muda.

2. Bridge

Bridge (Kalbar.antaranews.com)
Foto by: (Kalbar.antaranews.com)

Cabang olahraga yang pertama dipertandingkan pada 2018 selanjutnya adalah bridge. Olahraga otak ini mirip seperti catur. Bedanya, bridge harus dimainkan berpasangan dan media yang digunakan adalah kartu remi.

3. Basket 3×3

Basket 3x3 (Basketballmanitoba.ca)
Foto by: (Basketballmanitoba.ca)

Berbeda dari basket reguler, olahraga ini memiliki total 6 pemain saja. Lapangan yang digunakan juga tidak full, hanya setengah lapangan saja.

4. Jiu Jitsu

Jiu Jitsu Foto by: (id.wikipedia.org)
Foto by: (id.wikipedia.org)

Seni bela diri jiu jitsu memiliki elemen-elemen yang cukup ekstrim seperti gulat, serangan keras, gigit, mengunci sendi dan berfokus menjatuhkan musuh di titik tengah gravitasinya.

5. Sambo

Sambo Foto by (Sambo-fias.org)
Foto by (Sambo-fias.org)

Sambo merupakan perpaduan antara berbagai macam gaya seni bela diri yang ada di dunia, yang kemudian disatukan agar lebih efisien dalam menyerang lawan dan mempertahankan diri.

6. Kurash

Kurash Foto by: (Nysnmedia.com)
Foto by: (Nysnmedia.com)

Masih dari jenis olahraga bela diri, kurash yang berasal dari Uzbekistan ini memiliki gerakan menyerang lawan, saling membanting lawan hingga saling mengaitkan baju untuk menjatuhkan lawan.

7. Paralayang

Foto by: budhi marta utama (paralampung)
Foto by: budhi marta utama (paralampung)

Cabang olahraga ini sedikit berbeda. Dengan bermodalkan parasut, keberanian untuk terjun bebas dan turun pada satu titik yang sudah ditentukan menjadi taruhannya di sini!

8. Panjat Tebing

Foto by: (Netralnews.com)
Foto by: (Netralnews.com)

Di olahraga yang identik dengan alam bebas ini, setiap atlet akan diuji kebolehannya untuk memanjat tebing hingga mencapai puncaknya.

Selain 8 olahraga di atas, Asian Games 2018 juga masih punya puluhan jenis cabang olahraga lain yang tak kalah menarik dan sayang untuk dilewatkan. Buat kamu yang tinggal di Jakarta dan Palembang, jangan lupa untuk menonton langsung ya cabang olahraga favoritmu.

Yuk mari kita sama-sama dukung Indonesia di Asian Games 2018!!

Share

11 comments

  1. semoga sih dari panjat tebing, paralayang, dan silat bisa menyumbangkan emas, kan kita punya atlet2nya yang sudah berprestasi di kancah internasional, semoga…

  2. Di 10 cabor yang baru ini, buat syaa yang kurang sosialisasi ya Kurash dan Sambo. Hahaha ini saya yang gak gahul kali ya, jadi baru tahu. Sambo mirip sama tarung derajat ya mas…

  3. keren-keren, cabang olahraganya menarik semua bang!
    saya baru tau soal bridge, keren ya.

    semoga Indonesia banyak menang! amin.
    dan semoga artikelnya juga memang ya bang Fajrin 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *