Ngetrip Bareng dengan Tante Idola dan Masteg
Liburan kali ini sih sebenarnya sudah direncanakan dari 3 minggu sebelum keberangkat ke Kiluan di akhir tahun 2016 yang lalu. Saya, Mas Teguh dan teman-teman @lemestraveler dan Tante Idola @eviindrawanto pun yang datang dari Jakarta ikut dalam ngetrip bareng ke Kiluan ini.

Waktunya Pulang ke Kota

Entah kenapa setiap ke Kiluan tak pernah bisa move on dari keindahan Pulau Kiluan atau Pulau Kelapa yang berada di Teluk Kiluan, Kelumbayan, Tanggamus, Lampung ini. Selain karena keindahan alamnya yang memanjakan mata, perjalanan kemarin bersama keluarga @lemestraveler menghabiskan pergantian tahun di sini begitu berkesan.
Pantai yang berpasir putih nan lembut ini, memiliki gradasi air laut yang sangat indah. Gradasi warnanya dari pasir putih lalu hijau tosca, biru muda, hingga biru pekat begitu memesona. Apalagi kita bisa bermain di pasir dan berenang di laut yang tak begitu jauh dari bibir pantai. Pemandangan di sini.menghadirkan daratan Teluk Kiluan berwarna hijau.

Bila ingin mendapatkan pemandangan lautan lepas serta bebatuan karang, bisa ke balik pulau. Maka di sini kita akan mendapati lautan biru terhampar tak berbatas mata. Tapi hati-hati, di balik pulau ini ombaknya sangat tinggi. Jadi dianjurkan jangan berenang disini ya.

Oh iya di pulau ini juga terdapat kuburan yang dikeramatkan warga. Konon karena kisah kehidupan beliaulah yang akhirnya diabadikan sebagai nama teluk dan pulau ini yakni Kiluan yang berarti permohonan. Jadi sebisa mungkin jaga perilaku dan sikap ya saat berada di sini.

Untuk menuju Pulau Kiluan, pengunjung bisa menyebrang dengan menyewa kapal nelayan dari Teluk Kiluan. Di pulau ini juga tersedia cottage bagi yang ingin menginap di sini dan juga terdapat warung. Tapi jangan takut di sini bebas dari pondokan-pondokan di bibir pantai yang sangat mengganggu pemandangan seperti pantai-pantai lain di Lampung teruyama di Pesawaran dan Lampung Selatan.
Menghabisakan Waktu di Pulau Kiluan

Bersantai di Teluk Kiluan, Kelumbayan, Tanggamus, Lampung sangat mengasyikan. Debur ombaknya di teluk ini seperti danau, sangat tenang dan tak begitu besar. Apalagi saat kamu berlibur ke sini bersama orang-orang terdekatmu, suasana dan rasanya akan lebih berasa banget. Dan kemarin,saya menghabiskan malam Tahun Baru di sini bersama @lemestraveler . Padahal biasanya saya habiskan pergantian tahun dengan hanya dirumah saja.

Santai dulu

Tapi ada yang agak berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Jumlah pengunjung ke sini tak membludak. Ini sangat dirasakan pemilik cottage yang menyebut sejak peristiwa di Laguna Gayau beberapa bulan lalu, pengunjung tak begitu ramai lagi. Meski begitu, rata-rata cottage sudah terisi penuh. Bahkan kapal untuk paket tour lumba-lumba juga ramai dan full. Belum lagi pengunjung yang ke Pulau Kelapa atau Kiluan, buanyak sekali. Mudahan setelah ini Teluk Kiluan kembali ramai lagi karena akses ke Laguna Gayau juga sudah dibuat yang lebih aman oleh warga setempat.
Jarak Tempuh

Oh iya kemarin perjalanan yang dilakukan kurang lebih 2,5 – 3 jam saja dari Bandar Lampung dengan jalan santai. Sudah banyak jalan yang dulunya paling rusak parah sudah dirigid beton. Seperti di Bawang, Punduh Pidada, di sekitar tambak udang, dan lainnya.

Jalan jeleknya tinggal sedikit setelah Bawang dan jalan arah menuju Kiluan setelah pasar Bawang. Ditambah beberapa jalan aspal yang mengelupas di daerah Way Ratai dan Marga Punduh. Tapi secara umum jalannya sudah lumayan bagus dan mantab.
Rincian Harga Cottage, Makan, Tour Dolphin, Pulau Kelapa dan Laguna Gayau

-. Cottage isi 2 kamar   Rp. 500.000,-

-. Makan 1 kali     Rp.   25.000,- (Per Orang)

-. Tour Dolphin     Rp. 300.000,- (1 Kapal isi 3 Orang)

-. Masuk Pulau Kelapa Rp.    5.000,-  (Per Orang)  

-. Laguna Gayau     Rp.    5.000,-  (Per Orang)

Terjebak di Pulau Kelapa Kiluan
Share

37 comments

    1. Yg datang ke Lampung harus ke Kiluan tante. Bukan hanya sekedar melihat lumba-lumba ny saja, tapi menikmati pasir putih pulau kelapa.. Ah tante jangan kapok y ngetrip bareng dengan anak-anak #LemesTraveler ??

  1. Naksir ke Kilauan tapi sampai sekarang belum kesampaian. Hmm kalau misalnya solo traveling gitu susah ya mas untuk ke situ? Untuk ekonomisnya minimal dalam kelompok berapa orang kah? Semoga tahun ini kesampaian deh main ke Kiluan.

    1. Ayok mas liburan ke Kiluan.. Ya kalau untuk Solo Traveling sih bisa saja mas, dia bisa naik mobil travel gitu untuk biaya nya sih sekitar 80rban.. Kalau untuk kelompok ya minimal 6 s/s 12 orang gitu.. Amien, smoga tahun ini ke Kiluan mas..

      1. Asiiik kalau bisa. Tapi kalau liat liputanmu ini sih, enaknya bawa beberapa teman lah ya. Sekitar 2-4 orangan gitu.

        Aamiin, makasih doanya mas 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *