LemesTraveler dan LampungInsta foto bersama dengan Pokdarwis Goa Pandan

Wisata Goa di Lampung tak sepopuler di Pulau Jawa. Selain memang belum dikenalkannya destinasi Goa, Jarak, Safety, dan Guide yang bisa membimbing kami.

Salah satu spot foto yg ada di Goa Pandan (Taken by: Rizki Ewok)

Makanya cukup menyenangkan saat saya, kawan-kawan  @lemestraveler dan LampungInsta mengunjungi Goa Pandan, Minggu 29 Oktober 2017 kemarin. Karena ini yang pertama kalinya saya memasuki Goa yang cukup panjang kedalamannya di Lampung. “Oh ada juga toh di Lampung goa yang panjang kedalamannya begini” itu kata-kata dalam hati saya saat tiba.

Lagi lihat apa kalian ini!! (Taken by: Rizki Ewok)
Pohon yg di belakang saya ini pohon yg beracun/kalau kena batangnya bisa gatel2

Bersyukurnya Goa Pandan Mulai dikelola oleh Pokdarwis dan masyarakat setempat. Jadi sudah ada Guide dan pengetahuan seputar Goa ini. Karena baru memulai pengelolaan wisata Goa Pandan, maka peralatan dan safetynya sedang diusahakan bertahap. Sekarang sudah mulai disediakan senter dan headlamp juga.

Goa ini mulai ditelusuri oleh warga lokal sejak tahun 1980an. Awalnya iseng hingga untuk mencari kalilawar untuk dikonsumsi. Menurut Pokdarwis setempat ada 10 Goa yang ditemukan, 5 diantaranya sudah diberi nama seperti Goa Pandan, Goa Kelelawar, Goa Jelatang, Goa Sumur dan Goa Serai.


Goa Pandan ini sendiri merupakan salah satu dari lima goa yang sudah ditemukan warga ada di sini. Namanya sendiri karena konon banyak dijumpai tanaman pandan
.

Spot foto pavorit yg ada di Goa Pandan (Taken by: Mas Teguh)
Ini masih spot yg kedua Goa Pandan (Taken by: Rizki Ewok)
Teh Jeje duduk di Batu Duduk Goa Pandan (Taken by: Rizki Ewok)

Goa saling berhubungan membuat labirin – labirin, sehingga bisa dibayangkan panjang Goa. Sayang beberapa labirin terputus karna reruntuhan. Sejauh ini panjang Goa belum diketahui. Karna minimnya peralatan warga dan pokdarwis lokal, maka belum dicoba untuk masuk terlalu dalam. Seorang warga pernah mencoba dari pagi hingga sore, ujung  Goa belum juga ia temukan.

Akses dan Biaya

-. Akses dari Bandar Lampung ke sini sekitar 2-3 jam via Jalan Dr Sutami Coca Cola. Arahkan kendaraan menuju Bandar Sribawono. Begitu sampai lapangan sebelum Pasar Sidorejo belok kanan. Ikuti jalan aspal yang kemudian berubah jadi onderlagh. Hingga melewati sekitar 3 tugu monas. Lalu hingga menemukan plang petunjuk menuju Goa Pandan. Tanya warga saja lokasinya karena memang agak sulit.

-. Biaya guide seiklasnya dan parkir mobil Rp. 10.000,- dan motor Rp 5.000.-

Spot terakhir di Goa Pandan (Taken by: Rizki Ewok)

PS: Perjalanan mengexplore Goa Pandan bersama LemesTraveler dan LampungInsta

Share

14 comments

    1. dari Kota Bandar Lampung butuh waktu sekitar 3/4 jam untuk sampai ke Goa Pandan. Karena di sekitar Goa banyak daun pandannya, Mbak

  1. Goa nya kering ya mas dalamnya? Gak ada semacam reservoir air atau apa gitu?
    Memang masalah safety harus diutamakan, apalagi kalau belum pernah ditelusuri orang sebelumnya. Terutama titik-titik yang memungkinkan pengunjung terkena asfiksiasi hari ditandai. Semoga ke depannya lebih maju lagi masalah safetynya 🙂

  2. Waduh, ada destinasi menarik lagi ini bang. Saya ke Gigi Hiu aja belom sampe-sampe, eh ngeliat Goa Pandan jadi mau ke sana juga.

    Kira-kira searah engga itu bang Gigi Hiu sama Goa Pandan?

    Makasih udah sharing bang 🙂

  3. Kalo rame-rame main ke goa asyik. Kalo sendiri, hiiiy takuttt.. Untungnya, goa ini yang tipe kering ya, jadi lebih mudah dieksplor 🙂

    Cheers,
    Dee – heydeerahma.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *